Inilah Cara Mencairkan Reksa Dana Dengan Mudah

Inilah Cara Mencairkan Reksa Dana Dengan Mudahmudation.com – Reksa dana disebut sebagai kendaraan investasi yang ramah pemula dan bukan tanpa alasan. Selain tidak perlu melakukan analisis karena dana akan dikelola oleh manajer investasi, alat ini juga mudah untuk ditarik. Selain itu, banyak aplikasi agen reksa dana (APERD) sekarang terhubung ke dompet digital dan mobile banking.

Lalu bagaimana cara menarik dana bersama dengan mudah? Simak pembahasannya di bawah ini:

Apakah Reksa Dana Bisa Dicairkan?

yang benar! Reksa dana dapat ditarik dengan mudah.
Namun, pertukaran setiap OPC membutuhkan tenggat waktu yang berbeda. Untuk reksa dana pasar uang (RDPU), Anda bisa mendapatkan hasil pertukaran instan dalam waktu sekitar 2 hari kerja, sedangkan reksa dana obligasi dan ekuitas membutuhkan waktu 2-7 hari kerja.
 Dalam praktiknya, ini berarti manajer investasi harus menjual instrumen yang relevan dan penyelesaian perdagangan membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu, reksa dana pasar uang (RDPU) cocok untuk dana darurat, tidak seperti RDO dan RDS.

Bagaimana Cara Mencairkan Reksa dana?

Berikut cara membuka kunci alat di aplikasi tertentu. Mekanisme pencairan instrumen ini melalui agen lain, seperti bank atau perusahaan efek, mungkin memiliki mekanisme yang berbeda.

Cara mencairkan reksa dana di Bibit

  1. Buka aplikasi Bibit.
  2. Pilih produk yang ingin Anda jual.
  3. Pilih persentase penjualan (100% jika Anda ingin menjual semua).
  4. Pilih rekening bank tujuan.
  5. Klik jual.
  6. Centang kalimat persetujuan.
  7. Klik jual.
  8. Masukkan PIN.
  9. Transaksi selesai dan tunggu sampai uang pencairan instrumen ini masuk ke dalam rekening bank Anda.

Saat ini Bibit juga menyediakan layanan pencairan instan untuk beberapa produk reksa dana tertentu bagi pengguna Bank Jago.

Cara mencairkan reksa dana di Bareksa

  1. Buka aplikasi Bareksa.
  2. Klik ikon gambar di kanan atas.
  3. Masukkan email dan password.
  4. Klik lihat portofolio.
  5. Pilih produk yang ingin Anda jual.
  6. Klik jual.
  7. Pilih jumlah reksa dana yang ingin Anda jual.
  8. Klik jual.
  9. Baca ketentuan penting, lalu klik konfirmasi.
  10. Masukkan kode OTP /Token yang telah dikirim melalui SMS.

Cara mencairkan reksa dana di IPOTGO

  1. Buka aplikasi.
  2. Login.
  3. Klik portofolio.
  4. Pilih produk yang ingin Anda jual.
  5. Klik sell.
  6. Isi nominal penjualan atau pilih all untuk menjual semuanya.
  7. Baca dan setujui terms and condition.
  8. Perhatikan lagi detail transaksi, lalu klik confirm.
  9. Klik OK.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mencairkan Reksa dana?

Tidak ada waktu yang pasti kapan waktu yang tepat untuk menarik dana dari reksa dana. Karena pertukaran alat ini tergantung pada kebutuhan pribadi Anda.
Misalnya, jika Anda menggunakan alat ini untuk menghemat uang pernikahan, maka dapat dicairkan beberapa bulan sebelum acara.

Namun, disarankan untuk melakukan deposit menggunakan alat ini sebelum pukul 13:00 dari Senin hingga Kamis, atau dua hari sebelum hari libur.

Padahal, menurut peraturan OJK, transaksi yang masuk sebelum pukul 13.00 akan dieksekusi di hari yang sama dengan harga hari itu.
Selain itu, jika Anda memeriksa gadget ini pada hari Jumat sore atau sehari sebelum hari libur, proses penukaran dapat memakan waktu lebih lama.
Misalnya, Anda menerima RDPU pada hari Senin pukul 10:00 dan Selasa tidak dianggap sebagai hari libur. Oleh karena itu, kemungkinan besar jumlah yang Anda bayarkan akan masuk ke akun Anda pada hari Rabu.
 Di sisi lain, jika Anda memiliki hari libur bank pada hari Selasa, atau jika Anda baru saja menjual reksa dana pada pukul 1 siang dan seterusnya, Anda mungkin tidak akan memasukkan uang ke rekening Anda sampai hari Kamis.
Ini berarti bahwa jika Anda memasukkan order jual pada hari Jumat sore, perdagangan Anda tidak akan dieksekusi sampai Senin pagi dan tidak akan diposting ke akun Anda sampai hari Rabu.

Apakah Pencairan Reksa Dana Membutuhkan Biaya?

Untuk penarikan timbal balik, Anda membutuhkan setidaknya 3.500 rupee untuk setiap produk yang diuangkan.
 Misalnya, jika Anda menarik 3 reksa dana yang berbeda, jumlah yang harus Anda bayar adalah Rp 10.500 (3.500 x 3). Karena biaya ini, Anda perlu menarik instrumen ini ketika total pengembalian untuk setiap produk reksa dana yang telah Anda bayarkan mencapai 3.500 rupee agar investasi Anda menguntungkan.
Komisi ini berasal dari komisi yang dipotong oleh bank kustodian, dan penjual tidak menentukan sendiri biaya penjualannya.
Komisi ini di atas segalanya jika bank penjagaan tempat Anda menyimpan investasi Anda berbeda dengan yang Anda gunakan setiap hari.
Menurut pengalaman penulis, penukaran dari berbagai bank ini juga menambah biaya tambahan sekitar 3.500.
Misalnya, Anda menarik dana investasi yang tersimpan di HSBC, sedangkan rekening yang Anda daftarkan di aplikasi adalah rekening bank BCA.
Jadi biaya Anda sekitar Rs 7.000 (Rs 3.500 untuk pembelian dan Rs 3.500 untuk transfer bank). Jika Anda mengencerkan beberapa produk sekaligus, nilai ini hanya berlipat ganda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.