Inilah 7 Cara Menonaktifkan VPN Dengan Aman Tanpa Menghilangkan Data

Inilah 7 Cara Menonaktifkan VPN Dengan Aman Tanpa Menghilangkan Datamudation.com – Jika Anda sudah menggunakan VPN gratis yang belum diverifikasi, Anda harus segera menonaktifkannya. Ini karena sangat berbahaya bagi data dan perangkat Anda. Seperti yang kita ketahui bersama, VPN atau yang merupakan singkatan dari Virtual Private Network merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghindari jaringan internet yang dibatasi.

Ini mungkin terdengar sangat menguntungkan, tetapi tahukah Anda bahwa memasang VPN yang tidak diketahui asalnya bisa sangat berisiko, mulai dari menjual data Anda hingga serangan malware yang dapat terjadi melaluinya.

Cara Menonaktifkan VPN

1. Cara Menonaktifkan VPN di Komputer atau Laptop

Komputer dengan sistem operasi Windows 10 dapat menonaktifkan VPN di lokasi yang sama saat Anda menjadi aktif. Jika Anda lupa, Anda dapat membuka Pengaturan> Jaringan dan Internet> VPN
Anda kemudian dapat mematikannya dengan menekan tombol yang rusak.
Dan jika Anda ingin menghapus pengaturan VPN ini di Mac Book Anda, Anda dapat menekan tombol hapus. Untuk pengguna MacBook, Anda bisa masuk ke menu Apple > System Preferences > Network. Kemudian sama seperti Windows 10, klik Disconnect untuk menonaktifkan pengaturan.
Atau, jika Anda menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, Anda dapat membukanya untuk Windows 10 dan Mac OS. Biasanya, yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol ON/OFF.

2. Cara Menonaktifkan VPN di Android

Untuk Android, dimungkinkan untuk menonaktifkan VPN dengan membuka bidang pemberitahuan.

Jika VPN aktif di bidang pemberitahuan, pemberitahuan umumnya ditampilkan melalui sistem Android mengenai VPN aktif. Untuk mematikannya, ketuk area notifikasi sistem Android.

Ketika pengaturan VPN saat ini ditampilkan, tekan tombol Putus untuk menonaktifkannya. Sedangkan untuk menghapusnya, Anda dapat menghapus program tersebut jika Anda terutama menggunakan program tersebut.

Jika tidak, Anda dapat menghapusnya melalui Pengaturan VPN (Pengaturan > Koneksi > Pengaturan Koneksi Lainnya > VPN), lalu pilih VPN dan tekan tombol Hapus VPN.

3. Cara Menonaktifkan VPN di iOS

Untuk pengguna iOS, Anda dapat menonaktifkan VPN dengan masuk ke Settings > Generic > VPN, lalu tap tombol Status dalam posisi off.

Dan untuk menghapusnya, Anda bisa memasukkan VPN di daftar yang muncul kemudian tekan tombol Hapus VPN. Jika Anda menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, Anda biasanya dapat mengaktifkan atau menonaktifkan VPN langsung di perangkat lunak tersebut.

Dan untuk menghapusnya, Anda bisa meng-uninstall software tersebut. Jika Anda telah berhasil menghapus atau menonaktifkan VPN yang tidak diinginkan, Anda dapat menginstal perangkat lunak yang disetujui untuk menggunakan layanan VPN lagi.

Seperti halnya Android, cara tercepat untuk online dengan VPN adalah melalui perangkat lunak vendor. Anda dapat mengonfigurasi iOS untuk menjalankan aplikasi lebih cepat.

Perangkat lunak ini umumnya mengonfigurasi perangkat Anda untuk menggunakan VPN dan melakukan semua pekerjaan untuk Anda.

Untuk mematikannya:

  • Pilih Pengaturan dari layar beranda.
  • Pilih VPN. Kalau Anda bereksperimen dengan banyak klien, Anda harus memilih yang aktif.
  • Alihkan ke posisi mati.
  • Proses ini kira-kira sama baik Anda menggunakan software VPN atau telah mengonfigurasinya sendiri secara manual.

4. iPhone atau iPad

  • Buka menu pengaturan iPhone atau iPad (“Pengaturan“). Gambar berjudul Iphonesettingsappicon.png. Biasanya ikon menu ini ditampilkan di home screen.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Generik. Ikon abu-abu dengan roda gigi putih di dalamnya.
  • Ketuk VPN. Opsi ini berada di bagian bawah menu.
  • Sentuh ikon huruf “i” di bundar. Ikon ini berada di sebelah nama VPN.
  • Geser tombol “Connect On Demand” ke posisi “Off” Dengan opsi ini, iPhone atau iPad Anda tidak akan secara otomatis terhubung kembali ke VPN setelah Anda memutuskan koneksi.
  • Sentuh tombol kembali. Tombol ini berada di pojok kiri atas layar.
  • Geser tombol “Status” ke posisi off atau “Off” VPN akan dimatikan hingga Anda menyalakannya kembali secara manual.

5. Google Chrome

  • Pertama, cari ikon menu Chrome, yang ditandai dengan tiga titik kecil yang disejajarkan secara vertikal di ujung kanan bilah URL. Klik, lalu gulir ke bawah ke ‘Alat Lainnya‘ dan arahkan kursor ke atasnya. Di sebelah kiri Anda, Anda sekarang akan melihat sub-menu dengan ‘Extensions‘ yang berada sempurna di tengah daftar kecil opsi.
  • Klik dan Anda akan dibawa menuju halaman pengolahan ekstensi Google Chrome. Di sini Anda mampu melihat seluruh ekstensi yang sudah Anda instal. Pada bagian bawah tiap kolom ekstensi terdapat sebuah tombol ‘Hapus‘ yang besar, jadi temukan saja VPN yang mau Anda hapus dan klik tombol tersebut.
  • Jangan khawatir kalau Anda berubah pikiran dalam milidetik, Google akan memeriksa ulang apakah Anda benar-benar ingin menghapus ekstensi dengan menampilkan pop-up konfirmasi. Klik hapus lagi dan Google akan menangani sisanya – plugin yang tidak Anda inginkan lagi akan dihancurkan dari browser selamanya.
  • Anda cukup mengetik chrome: // extension di bilah URL Google dan Anda akan dibawa eksklusif ke halaman yang sama kawasan Anda mengelola ekstensi Chrome Anda.

Anda dapat berhasil menghapus ekstensi yang tidak lagi Anda perlukan dengan mengikuti prosedur yang sama seperti di atas.

Ini adalah bagian yang mudah. Akan jauh lebih sulit untuk menemukan (dan tetap menggunakan) Chrome VPN yang Anda inginkan. Untuk alasan ini, kami selalu menyarankan untuk mendaftar ke VPN.

Opsi gratis sangat menarik, tetapi juga dapat menyebabkan banyak masalah, mulai dari iklan pop-up yang tidak diinginkan dan koneksi yang tidak dapat diandalkan hingga proses instalasi yang rumit.

6. Windows

Untuk menonaktifkan sementara VPN di Windows, gunakan metode yang sama yang Anda gunakan untuk menyambungkan. Jika Anda menggunakan perangkat lunak pabrikan, pilih untuk menggunakan perangkat lunak tersebut.

Masuk dari Windows membuat Anda keluar dari Windows. Android biasanya menggunakan perangkat lunak vendor untuk menyediakan layanan VPN. Saat ini, kita tahu bahwa Android belum memiliki fitur ini, jadi kita harus menonaktifkannya menggunakan perangkat lunak vendor.

  • Pilih software VPN dari layar beranda Android Anda.
  • Pilih opsi Disconnect dari menu.
  • Ini harus menjadi proses yang sederhana. Memilih software harus segera memberi Anda opsi untuk mematikan VPN.

Kalau tidak:

  • Pilih Pengaturan dari layar beranda.
  • Pilih Lainnya di bawah Nirkabel dan jaringan.
  • Pilih VPN dan matikan koneksi aktif.

7. Cara Menonaktifkan VPN di Mac OS X

Mac OS X juga memiliki kemampuan untuk menggunakan VPN, yang membuat menjalankan sistem operasi yang aman menjadi lebih aman.

Seperti halnya Windows, Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk mengontrol VPN atau menggunakan pengaturan jaringan di Mac OS X.

  • Pilih apps VPN di Dock atau desktop OS X.
  • Pilih Putuskan.
  • Sebagian software layanan VPN memakai kata ‘Putuskan Sambungan‘ namun kata itu mampu berubah.
  • Beberapa jenis software VPN mampu menambah opsi menu pada menu atas desktop, kalau VPN Anda mempunyai ini, Anda mampu memilih menu mirip dok. Hasilnya sama saja.

Kalau Anda mengonfigurasi VPN melalui MAC OS X dan bukan software, lakukan ini:

  • Pilih ikon menu Apple di kiri atas desktop.
  • Pilih System Preferences and Network.
  • Pilih koneksi VPN di panel kiri jendela Jaringan.
  • Pilih Putuskan.

Kami menyarankan Anda untuk tetap mengaktifkan dan menjalankan koneksi VPN Anda. Ini bahkan lebih penting jika Anda menggunakan laptop atau perangkat seluler yang sering mengunjungi jaringan publik atau hotspot Wi-Fi.

VPN menyediakan lapisan keamanan yang mempersulit peretas yang paling kejam sekalipun untuk membobolnya.

Akhir Kata

Nah, ini tadi berita tentang cara menonaktifkan VPN. Terlepas dari kemudahan akses yang ditawarkan VPN, tentu saja banyak kemungkinan diserang malware. Semoga berhasil, sekarang Anda tahu cara menonaktifkan VPN Anda.

Terimakasih telah membaca artikel ini. Juga, jangan lupa untuk mengikuti kemajuan teknologi dengan membaca artikel kami yang diperbarui setiap hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.